Teknik Komputer Dan Jaringan


counter
  • Mobile
  • Whatsapp
  • Line
  • BBM
  • Twitter
  • Facebook

Ariphine

Berbagi ilmu Dengan Mas ariphine Berjudul Mengenai Seputar Teknik Komputer Dan Jaringan Semoga Bermanfaat

  • Home
  • HOME
  • ABOUT
    • Salam Kenal
    • Facebook
    • Twitter
    • email
  • Komputer
    • Sub Menu
    • Sub Menu
    • Sub Menu
  • Jaringan komputer
    • Pengertian jaringan komputer
    • Topologi
    • Pengkabelan
    • Manfaat jaringan komputer
  • Pemograman Web
    • Html
    • CSS
    • PHP
    • Codeigniter
    • Jequery
    • PHP MY SQL
    • SQL
  • MULTIMEDIA
    • web design
    • design grafis
    • photoshop
    • Corel draw
    • Dreamweaver
    • Notepad++
    • adobe after effect
  • Download Software
    • Software Windows
    • Software Linux
    • Software Multimedia
    • SOFTWARE WEBSITE
    • software Android
  • TV Online
Home » Uncategories » Komponen Jaringan Komputer

Komponen Jaringan Komputer

Posted by Ariphine
2 Comments
Sabtu, 13 September 2014

Komponen Jaringan Komputer 



Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari komputer dan perangkat lain nya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan.

Tujuan dari jaringan computer adalah :
  • Membagi Sumber Daya, Contohnya berbagi pemakaian CPU, Harddisk, Memory.
  • Komunikasi, Contohnya Surat Elektronik, Instant Messaging, Chatting.
  • Akses Informasi, Contohnya Browsing.
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
JENIS-JENIS JARINGAN PADA KOMPUTER
  1. Local Area Network (LAN).
  2. Metropolitan Area Network (MAN).
  3. Wide Area Network (WAN).
Jenis jaringan pada komputer
1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Model Jaringan Lan
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi.
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit.
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan.
2. Metropolitant Area Network (MAN)
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN.
Model jaringan MAN

Jangkauan dari MAN ini antara 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
3. Wide Area Network (WAN)
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris "Wide Area Network" merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.


Model jaringan WAN
 WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
Berdasarkan Fungsi

Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:
a. Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti http://www.google.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
Model client server

 b. Peer-to-Peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan Peer to Peer.
Model Peer to Peer
Berdasarkan Topologi Jaringan
Berdasarkan topologi nya, jaringan komputer dapat dibedakan atas :

  1. Topologi Bus
  2. Topologi Bintang / Star
  3. Topologi Cincin / Ring
  4. Topologi Pohon /Hirarkis
  5. Topologi Acak / Mesh
Komponen Dasar Jaringan Komputer
Untuk dapat membangun sebuah jaringan, ada beberapa komponen dasar yang harus dipenuhi yaitu:

Komponen Fisik
a. Unit Komputer
Sediakan minimal 2 unit komputer atau beberapa komputer sesuai kebutuhan, komputer ini nantinya yang bertindak sebagai server dan ada juga yang berperan sebagai workstation/client.
b. Kartu Jaringan atau LAN Card ( Network Interface Card)
Secara kasat mata LAN Card dapat dikenali dengan mudah dari bentuknya yang umumnya memiliki port (lubang colokan) seperti yang terdapat pada telepon namun sedikit lebih besar. Komponen ini biasanya sudah terpasang secara onboard pada beberapa computer yang dijual dipasaran saat ini, jika belum berarti anda harus menambahkannya dengan cara menanamnya pada slot PCI/ISA dibagian mainboard komputer anda.
Lan Card
c. Kabel Jaringan
Kabel dalam sebuah jaringan digunakan sebagai penghubung/konektor. Meskipun sekarang sudah ada teknologi jaringan tanpa kabel (wireless) namun kabel masih sering digunakan karena mudah dalam pengoperasiannya. Ada beberapa macam tipe kabel yang biasanya digunakan untuk membangun sebuah jaringan antara lain:
c.1 Kabel Twisted Pair
Kabel ini terdiri dari beberapa kabel yang saling melilit. Adapun dua jenis kabel yang termasuk dalam tipe kabel ini yaitu Shielded Twisted Pair (STP) dengan lapisan aluminium foil dan Unshielded Twisted Pair (UTP)
STP dan UTP Cable
c.2 Kabel Coaxial
Tampilan fisik kabel ini terdiri dari kawat tembaga sebagai inti yang dilapisi oleh isolator dalam lalu dikelilingi oleh konduktur luar kemudian dibungkus dengan bahan semacam PVC sebagai lapisan isolator luar.
Coaxial Cable
c.3 Fiber Optik
Kabel fiber optic terdiri atas inti serat kaca dan dibungkus lapisan luar seperti kabel-kabel umumnya.
Fiber Optik Cable

d. Konektor
Konektor digunakan sebagai sarana penghubung antara kabel dengan colokan LAN card yang ada di CPU komputer anda. Jenis konektor ini disesuaikan dengan tipe kabel yang digunakan misalnya RJ-45 berpasangan dengan kabel UTP/STP, konektor BNC/T berpasangan dengan kabel coaxial sedangkan tipe kabel fiber optic digunakan konektor ST.
e. Tang Kriping
Tang kriping berfungsi untuk menjepit kabel dengan konektor yang telah terpasang sehingga tidak mudah lepas pada saat instalasi. Penggunaan tang ini disesuaikan dengan jenis kabel yang akan anda gunakan untuk membangun jaringan.
Tang Crimping
f. Hub
Hub adalah komponen jaringan yang memiliki colokan (port-port). Umumnya hub memiliki jumlah port mulai dari 4, 8, 16, 24 sampai 32 plus 1 port (uplink) untuk menghubungkan ke server atau ke hub lain. Hub digunakan untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain.
g. Bridge dan Switch
Bridge digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang terpisah walaupun menggunakan media penghubung dan model atau topologi berbeda. Jadi mirip dengan jembatan pada kehidupan sehari-hari kita. Sedangkan Switch bentuknya mirip dengan hub, bedanya switch lebih pintar karena mampu menganalisa data yang dilewatkan padanya sebelum dikirim ketujuan. Selain itu juga ia memiliki kecepatan transfer data dari server ke workstation atau sebaliknya.
h. Router
Router memiliki kemampuan untuk menyaring atau memfilter data yang lalu lalang di jaringan berdasarkan aturan atau protocol tertentu. Seperti bridge, router juga dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan model LAN bahkan WAN.
Komponen Non Fisik
Selain komponen fisik yang telah dijelaskan sebelumnya, ada juga komponen non fisik bila kita akan belajar membangun sebuah jaringan, antara lain :
a. Operating Sistem untuk Komputer
Ada banyak operating system yang dapat Anda gunakan untuk membangun jaringan komputer. Untuk komputer server biasanya Microsoft Windows NT 4 Server, Microsoft Windows 2000 Server, Microsoft Windows 2003 Server, Microsoft Windows Server 2008, Novell Netware serta Linux. Sedangkan untuk client/workstation anda dapat menggunakan Microsoft Windows 98, ME, 2000 Profesional, XP, 7, 8 dan distro linux.
b. Protokol Jaringan
Protokol Jaringan adalah aturan-aturan yang digunakan dalam jaringan sehingga komputer-komputer anggota jaringan dan komputer berbeda platform dapat saling berkomunikasi. TCP/IP (Tranmission Control Protokol/Internet Protokol) adalah protocol.
Teknik Pengkabelan
Seperti yang telah dijelaskan pada sebelumnya, ada beberapa tipe kabel yang dapat digunakan untuk membangun jaringan komputer atau dalam hal ini LAN. Namun menurut penulis dengan alasan relatif lebih mudah dalam pengadaan kabel, murah dan sederhana dalam proses instalasi serta umum digunakan pada saat ini, maka pilihan jatuh pada tipe kabel Twisted Pair jenis Unshielded Twisted Pair (UTP).
Kabel UTP terdiri dari 8 buah kabel halus yang saling melilit menjadi 4 pasang. Ke empat pasang kabel tersebut adalah :
Model kabel UTP
  • Pasangan kabel warna hijau dengan Putih lease Hijau
  • Pasangan kabel warna Orange dengan Putih lease Orange
  • Pasangan kabel warna Biru dengan Putih lease Biru
  • Pasangan kabel warna coklat dengan Putih lease Coklat
 Kategori Kabel UTP
Cat 1 : Digunakan untuk perangkat komunikasi, seperti kabel telepon.
Cat 2 : Kecepatan transfer data mencapai 4 Megabits per second.
Cat 3 : Biasanya digunakan untuk topologi token ring dengan kecepatan transfer data mencapai 10 Mbps.
Cat 4 : Kecepatan transfer data mencapai 16 Mbps
Cat 5 : Kecepatan transfer data mencapai 100 Mbps
Cat 5e : Kecepatan transfer data mencapai 100 Mbps – 1 Gigabits.
Cat 6 : Kecepatan transfer data hingga 2,5 Gigabit Ethernet dalam jarak 100 Meter atau 10 Gigabits dalam jarak 25 Meter.
Standarisasi Kabel UTP
Pemasangan urutan Kabel UTP umumnya mengikuti aturan standart international yaitu EIA/TIA 568A dan EIA/TIA 568B. Untuk urutan EIA/TIA 568A urutan kabel nya adalah sebagai berikut :
  • Urutan ke 1 : Putih Hijau
  • Urutan ke 2 : Hijau
  • Urutan ke 3 : Putih Orange
  • Urutan ke 4 : Biru
  • Urutan ke 5 : Putih Biru
  • Urutan ke 6 : Orange
  • Urutan ke 7 : Putih Coklat
  • Urutan ke 8 : Coklat
Sedangkan urutan EIA/TIA 568B urutan kabelnya adalah sebagai berikut:
  • Urutan ke 1 : Putih Orange
  • Urutan ke 2 : Orange
  • Urutan ke 3 : Putih Hijau
  • Urutan ke 4 : Biru
  • Urutan ke 5 : Putih Biru
  • Urutan ke 6 : Hijau
  • Urutan ke 7 : Putih Coklat
  • Urutan ke 8 : Coklat
Tipe Pemasangan Kabel UTP
Ada 2 jenis tipe pemasangan kabel UTP pada konektor RJ-45 yaitu type straight dan tipe cross.

a. Tipe Straight
Tipe Straight artinya ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya memiliki urutan kabel yang sama sesuai dengan standart EIA/TIA 568B. Tipe ini digunakan untuk menghubungkan antara PC ke Switch, Router ke Switch, Router ke Hub dan PC ke Hub.

b. Tipe Cross
Pada tipe ini ujung kabel yang satu menggunakan urutan standart EIA/TIA 568A dan ujung yang satu nya lagi menggunakan urutan kabel TIS/EIA 568B. Digunakan untuk menghubungkan PC ke PC, Switch/Hub ke Switch/Hub, dan PC ke Router.

SEKIAN  TUTORIAL DARI SAYA SEMOGA BERMANFAAT DAN JANGAN LUPA  TINGGALKAN KOMENTAR...........

2 Responses to "Komponen Jaringan Komputer "

  1. zaenalvin.blogspot.com17 September 2014 pukul 07.52

    Makasih maz bro ilmu nya membantu bnget

    BalasHapus
    Balasan
      Balas
  2. Unknown12 November 2014 pukul 08.37

    makasih tutorial nya gan ,sangat bermanfaat banget .

    BalasHapus
    Balasan
      Balas
Tambahkan komentar
Muat yang lain...

← Posting Lebih Baru Posting Lama → Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Pengunjung

Ikuti @FatirGiovan

POPULAR POSTS

  • PHP Ajax Javascript jQuery Tutorial
    PHP Ajax Javascript jQuery Tutorial Indonesia 1 http://blog.codingwear.com PHP Ajax Javascript jQuery Tutorial Indonesia 2 Spon...
  • AUTOBIOGRAFI SAYA
    AUTOBIOGRAFI SAYA perkenalkan nama saya Zaenal Arifin,saya bisa di panggil arifin ,saya lahir di kota kediri tanggal 02 bulan 11 tahu...
  • Cara Memasukan Gambar,Tulisan Berjalan Dan Background di Html
              Pertanyaan Bagaimana cara mengasih Gambar,Tulisan Berjalan Dan Background di html untuk membuat web...!! Jawaban... C...
  • Ubuntu Studio ,Distro Linux Buat Multimedia
    Ubuntu Studio ,Distro Linux Buat Multimedia Pertanyaan :Apa Ubuntu Studio itu ? Jawaban : Ubuntu Studio adalah suatu d...
  • Cara Instal Cisco Packet Tracer
    Pertanyaan: Bagaimana Cara Instal   Cisco   Packet Tracer..!! JAWABAN...? Packet Tracer  adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang ...
  • Cara Menghilangkan Rasa Bosan Ngeblog
    Cara  Menghilangkan Rasa Bosan Ngeblog cara  Menghilangkan Rasa Bosan Blogging  ~ Pada saat ngeblog tentunya ada rasa bosan atau jenuh ...
  • Cara Memasukan Video Di Dreamweaver Menggunakan Format Factory
    Pertanyaan : Bagaimana cara  mengconvert video MP4 ke Flv..!! Jawaban ... Video   adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses,...
  • cara ganti template di blog
    pertanyaan :      bagimana cara ganti template di Blog....!! Jawaban....??? 1. Jika  sudah mendownloadnya  kemudian file yang dalam Rar k...
  • 12 Langkah Menjadi Seorang Web Developer
      12 Langkah Menjadi Seorang Web Developer Tentu anda sudah mengenal apa web itu. Namun mungkin ada yang belum mengerti bagaimana s...
  • Tv Online

Followers

Translate

Artikel Posts

    Cara Memasukan Video Di Dreamweaver Menggunakan Format Factory Cara Memasukan Video Di Dreamweaver Menggunakan Format Factory
    Cara Memasukan Gambar,Tulisan Berjalan Dan Background di Html Cara Memasukan Gambar,Tulisan Berjalan Dan Background di Html
    PHP Ajax Javascript jQuery Tutorial PHP Ajax Javascript jQuery Tutorial
    Cara Install CorelDRAW X6 Full Crack Cara Install CorelDRAW X6 Full Crack
    no image software Cinema 4D.

Flickr

Free Clock

Arsip Blog

  • ►  2015 (3)
    • ►  Maret (1)
    • ►  Februari (2)
  • ▼  2014 (51)
    • ►  Desember (14)
    • ►  November (4)
    • ►  Oktober (8)
    • ▼  September (15)
      • Cara Instal Cisco Packet Tracer
      • Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
      • cara ganti template di blog
      • Cara Posting di Blog
      • Cara Membuat Blog
      • Internet Download Manager (IDM)
      • Kebiasaan Yang Diulang
      • Linux
      • Komponen Jaringan Komputer
      • Topologi bintang star
      • Membaca ALQUR'AN Di Komputer
      • Ubuntu Studio ,Distro Linux Buat Multimedia
      • Adobe Photoshop CS6 13.0.1.1 EXTENDED FINAL
      • Cara Persentasi Microsoft PowerPoint Dengan HP And...
      • WEB BROWSER
    • ►  Juli (2)
    • ►  Juni (5)
    • ►  Februari (1)
    • ►  Januari (2)
  • ►  2013 (3)
    • ►  Desember (2)
    • ►  November (1)

Laman

  • Beranda
  • Salam Kenal
  • Pengertian Multimedia
  • jasa permbuatan blog
  • Linux
  • Melakukan Perawatan PC
  • Pengertian ANDROID
  • JQuery
  • Cascading Style Sheet (CSS)
  • PHP
  • HTML

Tags 4

  • komputer
  • PEMOGRAMAN WEB

Tags 3

  • komputer
  • PEMOGRAMAN WEB

About Me

zaenalvin.blogspot.com
Lihat profil lengkapku

Footer Text

Back to top!
Copyright (c) 2015 Ariphine . All Rights Reserved Distributed by Kaizentemplate. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.