okeh postingan ini ane akan membahas tentang software Cinema
4D.
Cinema 4D atau biasa di singkat C4D merupakan software 3D
animasi dan motion graphic buatan
Maxon. Maxon sendiri adalah perusahaan software yang
berkedudukan di Jerman. Seperti halnya dengan software 3D lainnya,
tentunya C4D bisa menangani semua pembuatan seperti
modeling,
lighting,
animation,
texturing,
rendering dan
lainnya.
Modules atau Add-On dari C4D
Untuk melengkapi persenjataan dari C4D, Maxon menanamkan 10
modules atau add-on pada C4D sebagai senjata untuk melawan competitor software
3D lainnya. Modules C4D di antaranya adalah :
- Advanced
Render. Add-on untuk pecahayaan.
- Mocca. Add-on
untuk membuat sebuah karakter atau dengan kata lain character studio.
- Pyrocluster. Add-on
untuk membuat efek api, asap dan awan.
- Thinking
Particles. Add-on untuk membuat animasi partikel.
- Dynamics. Add-on
ini berfungsi untuk menambahkan efek grafitasi, angin, dan kekuatan alam.
- BodyPaint
3D
- Net
Render. Fasilitas render dengan menggunakan jaringan sehingga
bisa meningkatkan kecepatan rendering.
- Hair. Memudahkan
untuk membuat dan menambahkan rambut, jenggot dan kumis untuk karakter.
- MoGraph. Salah
satu andalan selain bodypaint 3D.
- Sketch
and Toon. Membuat efek render seperti gambar kartun dengan
menggunakan efek-efek seperti Charcoal, pencil dan anime
User interface C4D tidak jauh berbeda dengan software
animasi 3D lainnya.
Langkah dan tutorial pembuatan animasinya sebagai berikut:
- 3D
Modeling, dilakukan ketika keseluruhan sketsa dua dimensi sudah
selesai kita buat. Secara umum, jumlah polygon pada model ditentukan
sesuai kebutuhannya. Untuk kebutuhan game biasanya cukup menggunakan
jumlah polygon yang sedikit. Namun untuk kebutuhan model yang detail harus
menggunakan jumlah polygon yang banyak.
- Material/Texturing,
dilakukan ketika tahap modeling telah selesai. Pemberian material dan
tekstur pada objek bertujuan agar model merepresentasikan kebutuhan konsep
kita.
- Rigging/Bone,
digunakan untuk mengatur objek kita agar dapat di animasikan. Pemberian
bone biasanya ditujukan bagi pembangunan model 3D karakter desain, namun
tidak menutup kemungkinan semua objek diberi bone juga. Yang penting harus
sesuai konsep.
- Environment
Setting, adalah pembuatan unsur-unsur pendukung dalam projek tersebut.
Misalnya pembuatan sebuah ruang tamu, dimana di dalamnya banyak berisi
furnitur mewah dan ruangan tersebut nantinya akan digunakan dalam adegan (scene)
baku tembak. Tahap ini biasanya dilakukan sejalan berbarengan dengan
pengerjaan karakter desain, namun berbeda divisi/team-nya. Berarti
yang harus dibuat untuk menjawab kebutuhan adegan tersebut: membuat model
ruangan, berbagai macam furnitur mewah, penyesuaian material, teknik
pencahayaan, alur pergerakan kamera. Sedangkan lip-sync disini
adalah kegiatan pengisian suara yang dilakukan oleh para pengisi suara di
studio rekaman suara.
- Animating,
tugas yang dilakukan oleh animator. Mereka bertanggung jawab membuat
model-model yang bergerak memiliki gerakan yang sesuai, sehingga model
tersebut akan terlihat hidup. Sebagai catatan Animation atau Animasi
berasal dari Bahasa Latin, yaitu Animare yang berarti
memberi jiwa.
- 3D
Rendering, kalau semua "draft" atau semua
langkah diatas sudah selesai, maka tahap selanjutnya hanya tinggal
menunggu proses rendering di software 3D
Klo hasil dari yg sudah mahir makenya akan sangat bagus,
seperti yg ada
cinema4dtutorial.net.
Dibadingkan dengan gambar ane, ane masih di bawah, kelas teri hehehe...
Gimana apa sobat bloger tertarik untuk
mencobanya?? Kalian bisa mendownloadnya
DISINI!!