Perawatan
Masalah adalah bagian dari hidup. Sebagai orang komputer,
tentu masalah komputer akan selalu timbul ketika kita bercanda dan bergaul
dengan komputer. Melakukan kesalahan pengoperasian adalah sesuatu yang biasa.
Ini bisa terjadi karena kurangnya pelatihan, pengetahuan dan pengenalan
terhadap komputer.
Kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati.
Dengan perawatan preventive, kita bisa menekan permasalahan yang akan muncul
seminal mungkin. Perawatan secara teratur akan mengurangi beberapa permasalahan
seperti crash system, kehilangan data bahkan sampai kerusakan komponen sehingga
sistem komputer kita berumur lebih panjang.
Pada beberapa kasus, kita memperbaiki sistem yang rusak
karena tidak adanya perawatan preventive yang dilakukan. Dalam dunia bisnis,
perawatan ini akan menambah nilai jual komputer Anda karena sistemnya masih
berjalan dengan baik.
Nah,
membiasakan perawatan secara preventive menjadi sangat penting bagi Anda yang
terbiasa menggunakan dan mengelola PC.
Perawatan pada PC hendaknya
dilakukan secara berkala, dengan melihat data-data pada kartu perawatan.
Sehingga kita tahu kondisi, keadaan, dan sesuatu hal dengan PC kita.
Nomor
Inventaris :
Nomor
Seri :
Nama
Barang :
Tahun
Pembuatan :
Tahun
Pemakaian :
No.
|
Tanggal
|
Perbaikan/perawatan
|
Kondisi
|
Ket
|
Baik
|
Rusak
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Peralatan
Untungnya, dengan sedikit upaya dan tool yang tepat,
pemeliharaan dan perbaikan PC menjadi mudah untuk kebanyakan orang. Dan
mendapatkan tool yang tepat tidak harus dibayar dengan tangan dan kaki;
beberapa sudah Anda miliki, dan lainnya murah. Inilah tool yang kami
rekomendasikan agar Anda miliki.
a. Obeng: Anda hanya butuh dua obeng
kecil: satu dengan kepala pipih standar, dan yang satu lagi dengan kepala
kembang. Biasanya kurang dari enam inci panjangnya dan pastikan semuanya tidak
bermagnet.
b. Penjepit: Penjepit mungil dengan
cengkeraman yang bagus tak ternilai harganya untuk memasang dan melepas jumper
dan untuk mendapatkan kembali sekrup yang hilang. Penjepit dengan ujung datar lebih
berguna dibanding yang ujung runcing.
c. Senter: Bahkan di ruangan yang
terang-benderang, bisa saja sulit melihat kabel-kabel kecil dan konektor di
bagian dalam casing PC Anda.
d. Wadah komponen: Wadah kecil lebih
disukai yang berpenutup penting untuk menyimpan sekrup dan jumper. Cangkir
plastik atau botol obat lama sudah memadai.
e. Tang berujung runcing: Tang kecil
berujung runcing berguna untuk merenggut bagian-bagian dan menekuk kawat dan
potongan logam.
f. Botol
semprot: Jaga agar saluran ventilasi dan interior PC bebas debu untuk mencegah
kelebihan panas. Sejauh ini botol semprot merupakan cara termudah untuk
melakukannya. Botol semprot tersedia di banyak toko komputer dan elektronik
dengan harga kurang dari US$ 10.
g. Peranti gelang antistatik: Satu
sentakan listrik statik yang bergerak antara tubuh Anda dan PC dapat memanggang
sirkuit mesin. Bila Anda menambah atau melepas hardware, atau melakukan
pekerjaan apa pun di bagian dalam casing PC, kenakan peranti gelang antistatik.
Salah satu ujung terhubung ke pergelangan Anda, dan ujung lainnya terhubung ke
tanah. Ini tersedia di toko komputer dan elektronik dengan harga kurang dari
US$ 10.
h. Pengencang mur dan tool khusus lain:
Banyak kit tool komputer mencakupkan pengencang mur, pelepas chip, dan tool
khusus lainnya. Kami anggap hal ini merupakan pemerasan habis-habisan terhadap
rata-rata pengguna sebab obeng dan penjepit sudah mencukupi untuk sebagian
besar pekerjaan.
Melakukan perawatan PC
Kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati.
Dengan perawatan preventive, kita bisa menekan permasalahan yang akan muncul
seminal mungkin. Perawatan secara teratur akan mengurangi beberapa permasalahan
seperti crash system, kehilangan data bahkan sampai kerusakan komponen sehingga
sistem komputer kita berumur lebih panjang.
Pada beberapa kasus, kita memperbaiki sistem yang rusak
karena tidak adanya perawatan preventive yang dilakukan. Dalam dunia bisnis,
perawatan ini akan menambah nilai jual komputer Anda karena sistemnya masih berjalan
dengan baik.
Nah, membiasakan perawatan secara preventive menjadi
sangat penting bagi Anda
yang terbiasa menggunakan dan mengelola PC.
Ada
dua tipe perawatan yang bisa kita lakukan, yaitu perawatan pasif dan paerawatan
aktif. Kita namakan pasif, karena perawatan ini lebih mengarah kepada faktor
lingkungan dan benda-benda non komputer yang membantu kinerja PC Anda.
Sedangkan perawatan aktif adalah perawatan yang kita lakukan dalam tubuh PC itu
sendiri.
Metode Perawatan Pasif
Perawatan ini meliputi langkah-langkah yang biasa kita
gunakan untuk melakukan proteksi sistem terhadap lingkungan yang normal, baik
secara fisik dan elektrikal. Hal fisik meliputi temperatur yang baik, thermal
stress dari power, kontaminasi debu atau asap dan gangguan lain seperti getaran
atau guncangan. Hal elektrikal meliputi ESD (electro-static discharge)/listrik
statis, kebisingan power dan gangguan frekwensi radio.
Tahap-tahap melakukan
perawatan pasif :
* Memilih lokasi untuk komputer yang bebas
dari polusi udara seperti asap, debu, kotoran dan polusi yang lain.
* Memperkecil kemungkinan terjadinya variasi
suhu di dalam ruangan. Misalnya, dengan memberi AC atau tidak menempatkan
komputer dekat jendela agar komputer tidak terkena sinar matahari secara
langsung.
* Menyediakan outlet ground dari power yang
sudah stabil dan bebas dari gangguan elektris dan interferensi. Hal ini
berfungsi menghindari listrik statis.
* Bila memungkinkan, jauhkan komputer Anda
dari pemancar atau sumber-sumber frekwensi radio.
Ada
baiknya juga, pada fase persiapan lokasi instalasi komputer, kita bisa
memperhatikan beberapa faktor di bawah ini :
* Sediakan
sirkuit (MCB) tersendiri untuk aliran listrik komputer Anda
* Sirkuit
harus diperiksa dengan baik tentang low resistance ground, tegangan yang memadai,
bebas dari interferensi dan bebas dari naik turunnya tegangan.
* Sirkuit
tiga kabel harus ada. Namun bila tidak, gunakan adapter tambahan ground untuk
menyesuaikan penempatan ground pada soket dua kabel
* Untuk
mengurangi resistansi, hindari pemakaian panjang kabel yang tidak perlu.
Permasalahan power low noise akan menambah resistansi sirkuit yang mengikuti
ukuran kabel dan panjangnya.
* Bila
memungkinkan, sediakan power sirkuit terpisah untuk peralatan non komputer
seperti: AC, coffee maker, mesin copy, laser printer, pemanas ruangan, vacum
cleaner dan peralatan lain.
Metode perawatan aktif
Intensitas melakukan perawatan aktif sangatlah tergantung
dari lingkungan dan kwalitas komponen komputer. Bila lingkungan kita kotor dan
berdebu, kita harus membersihkan komputer paling tidak tiga kali dalam sebulan.
Namun untuk lingkungan kantor normal, pembersihan komputer dapat dilakukan
beberapa bulan sekali dalam setahun. Namun jika kita membuka komputer setelah
satu tahun ternyata di dalamnya telah penuh debu, ada baiknya kita memperpendek
interval pembersihan.
Tahap-tahap melakukan
perawatan aktif :
1.
Untuk non Operating System :
- Membersihkan
debu CPU dan monitor dengan vacuum cleaner
- Membersihkan
keyboard dan mouse
- Membersihkan
konektor dan kontak pada konektor slot, konektor power supply, konektor
keyboard, konektor mouse dan konektor speaker.
2.
Untuk perawatan Operating System :
- Melakukan Back up data dan file-file
penting pada waktu yang terjadwal
- Melakukan clean up dengan menghapus
semua file temporer, seperti: *.tmp, *.chk, ~*.*, file-file dari recycle bin,
web browser history dan temporary internet files.
- Melakukan scandisk
- Melakukan defragmentasi file
- Melakukan checking dan updating anti
virus
Memeriksa hasil perawatan PC
So
Windows menyediakan banyak utiliti dan wizard berguna
untuk troubleshooting dan perawatan PC. Banyak di antaranya bisa diakses dari
menu System Tools: Klik Start*Programs*Accessories*System Tools (istilah dan
path yang sesuai bervariasi bergantung versi Windows Anda).
a. ScanDisk:
Seperti yang tergambar pada namanya, ScanDisk memeriksa hard disk terhadap
fragmen file yang keliru letak dan daerah kerusakan fisik. Periksa hard drive
Anda secara teratur dengan ScanDisk. Kenaikan mendadak pada jumlah program yang
mengalami error bisa berarti kerusakan hard disk.
b. Windows
XP tidak punya utiliti ScanDisk. Untuk memeriksa suatu drive di XP, klik-kanan
di Explorer, pilih Properties, pilih tab Tools, dan klik Check Now pada `Error-
checking`. Anda akan diberitahu bahwa utiliti itu butuh hak eksklusif ke beberapa
file Windows dalam disk. Bila Windows menanyakan apakah Anda ingin melakukan
pemeriksaan saat restart berikut, klik Yes kemudian OK.
c. Disk
Defragmenter: Defragmen hard drive secara teratur untuk menjaganya berjalan
lebih cepat dan untuk meningkatkan peluang Anda memulihkan data jika drive
tersebut mengalami crash.
d. System
Monitor: Program kecil yang luar biasa ini membantu Anda melacak banyak jenis
parameter kinerja. Anda dapat melihat grafik real- time yang menampilkan
available RAM, virtual memory, CPU usage, dan statistik lainnya. System Monitor
terutama bagus untuk melacak sumber problem memori dan mengidentifikasi program
mana yang paling membuat stres sistem Anda. (Di Windows XP, Anda bisa menemukan
System Monitor dengan memilih Start*Control Panel*Administrative
Tools*Performance*System Monitor.)
e. System
Information: Utiliti ini merupakan jembatan ke beberapa tool troubleshooting
paling kuat di Windows. Pada Windows 9x, Anda akan mendapati System File
Checker, Registry Checker, dan System Configuration Utility pada menu Tools di
System Information. Di XP, tool di System Information mencakupkan Network
Diagnostics dan System Restore.
f. Manual,
driver, dan software: Selamatkan segala sesuatunya! Anda mungkin dapat
mengatasi problem PC dengan mengetahui satu setting utama atau nomor model,
atau dengan menginstall ulang program. Manual yang dicetak mungkin menjadi
satu-satunya sumber nomor telepon bantuan teknis Anda. Jangan mengira Anda
dapat mendownload saja sebarang file yang mungkin Anda butuhkan kapan saja dari
Internet: Sebuah file di tangan berharga dibanding dua di Web.
g. Windows
Resource Kit: Anda tidak perlu menghabiskan US$ 50 atau lebih untuk buku
referensi Windows seukuran buku telepon itu. Anda hanya perlu berkonsultasi
dengan CD Windows 9x. Di tools\reskit\setup folder, Anda akan mendapati salinan
online Windows Resource Kit dari Microsoft (versi cetak harganya US$ 70).
Pergilah ke Microsoft TechNet (
www.microsoft.com/technet/treeview/....asp?frame=true) untuk Windows XP Professional
Resource Kit.
Tool
yang Bisa Anda Gunakan Secara Gratis
Berikut
ini beberapa gratisan diagnosa dan perawatan favorit.
a. TuffTest-Lite:
Program ini memastikan bahwa semua komponen hardware PC Anda berfungsi dengan
benar. Karena booting dan berjalan dari floppy-nya sendiri, program ini
melampaui keterbatasan pengujian program-program diagnosis yang berjalan dari
dalam sistem operasi yang kompleks seperti Windows. Versi gratis program itu
punya fungsi yang lebih sedikit dibanding US$ 10 #1-TuffTest (menguji hanya 8MB
RAM, misalnya).
b. DisplayMate: Pertajam image monitor
Anda dengan versi demo utiliti ini. Versi lengkap harganya US$ 79, namun demo
mempunyai enam pola uji dan instruksi mengenai cara menggunakannya.
c. Situs-situs
Web bermanfaat: Drivers HeadQuarters di www.drivershq.com merupakan tempat yang
bagus untuk menemukan update atau driver peranti yang hilang. Dan kunjungi
www.utilitygeek.com untuk mencari utiliti free dan shareware lain untuk merawat
dan mendiagnosa PC Anda.
d. Norton
SystemWorks 2002: Dengan US$ 70, bundel utiliti ini tidak murah, namun berisi
barang bagus. Komponen yang paling penting adalah Norton Utilities, koleksi
klasik program Windows dan hard-disk (lihat Gambar 3). Ketika banyak fungsi
Norton Utilities dapat direplikasi dengan utiliti gratis atau murah seperti
yang tercatat di atas, paket all-in-one yang menyenangkan dan ekstra seperti
penjadwalan otomatis membuat Norton SystemWorks sebanding dengan harganya.
e. PartitionMagic
7: Ada banyak
cara mudah dan sulit untuk membuat, menghapus, dan mengubah ukuran partisi
hard-drive. Program seharga US$ 70 dari PowerQuest ini merupakan yang termudah.
FDISK di Windows merupakan salah satu dari beberapa alternatif pemartisi yang
aktif jika Anda punya banyak waktu dan sedikit uang. Namun jika Anda butuh
mendapatkan kelengkapan kerja yang cepat dan simpel, interface fasih dan
operasi cepat pada PartitionMagic membuatnya menjadi pembelian yang bijak.
f. Drive
Image 5: Tool PowerQuest ini akan menyelamatkan Anda dari kesalahan yang Anda
buat ketika menggunakan tool diagnosa PC lainnya. Drive Image 5 menyalin dan
mengkompresi seluruh drive--atau lebih akuratnya, seluruh partisi--menjadi
sebuah file yang dapat Anda pulihkan dengan mudah. Tempatkan file backup-nya di
partisi lain, di hard disk lain, atau (di versi terbaru ini) ke disk-disk
CD-R/RW. Drive Image menyalin regular files, hidden files, system files, dan
boot sector sehingga Anda dapat memulihkan salinan pekerjan seluruh partisi,
termasuk OS yang dapat dibooting, aplikasi, dan data.
g. Board
Jelek? Anda duduk, lalu menyalakan PC... dan tidak terjadi apa-apa: tiada
cahaya, tiada suara, tiada aksi. Perlukah Anda menghabiskan ratusan dollar
untuk motherboard baru, atau lebih kurang untuk power supply baru? ATX Power
Supply Tester dari PC Power and Cooling bisa memberikan jawaban cepat dan
akurat. Tool praktis seharga US$ 10 ini terhubung ke kabel motherboard dari
sebarang power supply kompatibel ATX 2.x dan akan menyala jika power supply
bekerja dengan benar. Anda dapat mengetahui lebih jauh tentangnya di www.pcpowerandcooling.com.
Yang sifatnya rutin dan
wajib dilakukan adalah:
a. Backup
data - membuat cadangan data.
b. Update
anti-virus Anti-virus HARUS rutin di-update, agar dapat selalu menangkal
virus-virus baru yang terus bermunculan setiap hari. Kunjungi secara rutin
situs pembuat antivirus yang digunakan.
c. Secara
fisik membersihkan komputer baik bagian luar maupun dalam casing dari debu dan
benda-benda asing lainnya, yang dapat mempengaruhi kinerja dan fungsi perangkat
komputer.
d. Memastikan
sistem pendingin dan sirkulasi udara dalam casing berjalan dengan baik sehingga
temperatur komputer bisa terjaga. Untuk komputer yang beroperasi 24 jam nonstop
disarankan diletakkan di ruangan yang menggunakan pendingin (AC)
e. Defrag
sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan. Defrag biasanya hanya dilakukan jika
proses baca-tulis ke harddisk terasa lambat, akan menginstal program besar,
atau akan mengkopikan file ukuran besar ke harddisk. Hard disk saat ini sudah
sangat kencang, sehingga data yang terfragmentasi biasanya tidak akan banyak
memperlambat. Komputer yang lambat seringkali disebabkan karena hal lain;
kekurangan memory, ada virus, dan sebagainya. Lagipula full defrag sangat
intensif, sehingga jika sering-sering dilakukan maka akan memperpendek umur
hard disk.
f. Berhenti
menggunakan Microsoft Outlook, maka Anda akan selamat dari berbagai virus yang
ada. Gunakan software lainnya seperti Eudora (http://www.eudora.com) atau
Pegasus Mail (http://www.pmail.com)
g. Antivirus yang
pada dasarnya relatif sama, yang penting anda melakukan update secara rutin
seperti diterangkan di atas. Selain antivirus komersial tersedia juga
anti-virus yang gratis dan cukup baik antara lain Grisoft
(http://www.grisoft.com) dan Avast! 4 Home (http://www.avast.com).
Perawatan
tahunan Komputer dan Jaringan mencakup :
1. System Back-up
(membuat salinan/copy untuk data-data penting perusahaan yang ada pada
komputer, dan back-up copy diserahkan ke pelanggan untuk disimpan
ditempat yang aman).
2. System Optimization
(defragmentasi data, membuang sampah-sampah yang ada pada komputer, memperbaiki
kesalahan setting)
3. System Rebuild
(membangun dan menata ulang kembali sistem yang rusak oleh faktor yang tidak
disengaja, supaya sistem dapat bekerja kembali seperti semula)
4. System Upgrade
(menambah fungsi, memperbaharui sistem yang ada sesuai dengan permintaan
pelanggan, testing stabilitas untuk hardware dan software sebelum pemasangan)
5. Training
(pelatihan, pengarahan dan konsultasi untuk pemakai supaya dapat mengoperasikan
komputer dengan baik dan benar)
6. Pembersihan Virus
(melacak dan membersihkan virus dari komputer dan jaringan)
7. System Security
(pemasangan dan perubahan password, untuk pengamanan sistem dan data penting
perusahaan dari orang luar yang tidak berkepentingan).
8. Penyelesaian Darurat
(meyediakan personil untuk segera bertindak dalam waktu singkat, supaya sistem
dapat bekerja kembali seperti semula)
9. Personil stand-by di
lapangan (Bila sistem yang berjalan belum stabil,
menempatkan personil sebagai support teknis dan pemantauan kerja sitem yang ada
sampai semua masalah terselesaikan
10. Konsultasi
(menyediakan konsultasi, analisa dan saran secara professional untuk segala hal
yang berhubungan dengan komputer)
11. Perawatan Hardware Komputer (merawat
hardware komputer, membersihkan komputer, mengurangi kerusakan pada hardware)
12. Mengganti barang-barang komsumtif
(mengganti tinta printer, mouse, floppy disk yang rusak, dll)
SEMOGA bermanfaat